In Doa Niat Mandi Puasa Ramadhan Latin Dan Penjelasannya Secara Lengkap !

Puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan ole setiap umat Islam diseluruh dunia. Ibadah puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang masuk menjadi rukun Islam sehingga wajib untuk dilakukan. Ibadah puasa Ramadhan diwajibkan atas seluruh umat Islam tanpa terkecuali, namun bagi mereka yang tidak memiliki kondisi yang fit dalam melakukan ibadah puasa Ramadhan, maka diwajibkan menganti atau membayar denda sesuai ketentuan yang telah diajarkan pada agama Islam. Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang apabila ditinggalkan secara sengaja padahal orang tersebut mampu melaksanakannya maka akan berdosa.

Ibadah puasa Ramadhan sangat banyak ditunggu oleh seluruh umat Islam dibelahan dunia manapun sebab pada bulan Ramadhan umat Islam akan berbondong-bondong melakukan ibadah sebab karena ada banyak sekali keberkahan serta gaanjaran pahala yang akan diperoleh pada bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang tentu memiliki banyak sekali keutamaannya. Oleh sebab itu tak jarang kita melihat orang melakukan kegiatan dalam menyambut bulan Ramadhan karena memang menurut beberapa riwayat menyambut Ramadhan dengan rasa gembira maka diharamkan baginya oleh Allah SWT atas api neraka. Ada banyak sekali beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan, salah satunya seperti mandi puasa. Apa itu mandi puasa ? Lalu bagaimana bacaan doa niat mandi puasa?

Penjelasan Mandi Puasa dan Doa Niat Mandi Puasa

Mandi puasa merupakan mandi yang dilakukan dalam menyambut atau sebelum melakukan ibadah puasa Ramadhan. Mandi ini sama halnya seperti mandi junub karena tujuannya adalah untuk membersihkan tubuh dari segala hadas serta kotoran yang menempel pada tubuh. Tujuan dalam membersihkan tubuh dari kotoran ataupun hadas besar ini bertujuan agar tubuh dalam keadaan suci ketika menyambut atau melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Oleh sebab itu, mandi puasa ini disarankan dalam menyambut atau melaksanakan ibadah puasa karena memang tujuannya adalah untuk membersikan hadas serta mensucikan tubuh untuk beribada dengan khusyuk.

Dalam melakukan ibadah puasa ini sendiri tentu ada cara yang harus dilakukan yang dimana tata cara ini sangat wajib dilakukan karena menjadi syarat atau sunnah sah dalam melakukannya. Doa niat mandi puasa juga menjadi salah satu syarat atau rukun yang wajib dibaca ketika hendak melakukan mandi puasa. Lantas bagaimana bacaan doa niat mandi puasa yang sesuai ? Berikut adalah niat mandi puasa yang bisa kamu jadikan bahan pelajaran.

Nawaitu adaaal ghuslil masnuni li fi hadzihil lailatil min romadh lillahi taala.

Artinya dalam bahasa Indonesia : “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Taala”

Selain Doa Niat Mandi Puasa, Ini Cara Lakukan Mandi Puasa

Selain melakukan doa niat mandi puasa, selanjutnya tentu melakukan proses mandi puasa yang dilakukan tentu berbeda pada mandi pada umumnya. Proses mandi dalam menyambuat atau sebelum melakukan ibadah puasa Ramadhan ini harus dilakukan dengan detail serta bersih karena tujuannya sekaligus untuk menghilangkan berbagai macam hadas kecil hingga hadas besar sehingga bisa kembali melakukab ibadah dengan dalam keadaan suci. Berikut inilah cara lakukan mandi puasa menurut hadist yang telah utisby.ac.id rangkum :

Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudu dengan wudu untuk salat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tentu menyambut ibadah puasa dan bulan Ramadhan kita harus dalam keadaan gembira hati, suci serta bahagia karena tentu ada ganjaran pahala yang luar bisa dijanjikan ketika melakukan penyambutan ibadah puasa dan bulan Ramadhan dalam keadaan senang hati. Itulah bacaan niat mandi puasa ramadhan serta tata cara mandi puasa ramadhan yang bisa digunakan untuk menyambut atau sebelum melakukan ibadah puasa ramadhan sesuai hadist serta ajaran Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu pelaari serta catat.

Leave a Comment