Contoh soal k13 kelas 1 semester 2 tema 6

Contoh soal k13 kelas 1 semester 2 tema 6

Menjelajahi Dunia Energi dan Perubahannya: Contoh Soal K13 Kelas 1 Semester 2 Tema 6

Tema 6 dalam Kurikulum 2013 (K13) untuk Kelas 1 Sekolah Dasar, yang berjudul "Energi dan Perubahannya," membuka pintu bagi para siswa untuk mulai memahami konsep dasar tentang energi, sumber-sumbernya, serta bagaimana energi dapat berubah bentuk dan memengaruhi lingkungan sekitar. Tema ini dirancang untuk menanamkan rasa ingin tahu dan kepedulian terhadap alam sejak dini.

Pembelajaran pada tema ini mencakup berbagai aspek, mulai dari mengidentifikasi sumber energi yang ada di sekitar, memahami kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari, hingga mengenali perubahan energi yang terjadi pada benda-benda. Pendekatan K13 yang berpusat pada siswa, mendorong pembelajaran aktif melalui pengamatan, percobaan sederhana, diskusi, dan tanya jawab.

Untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan evaluasi, berikut disajikan contoh-contoh soal yang relevan dengan K13 Kelas 1 Semester 2 Tema 6. Soal-soal ini mencakup berbagai indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa pada akhir pembelajaran tema ini.

Bagian 1: Memahami Sumber Energi di Sekitar Kita

Contoh soal k13 kelas 1 semester 2 tema 6

Pada bagian ini, siswa diajak untuk mengenali berbagai sumber energi yang sering mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sumber energi yang paling umum dikenalkan pada tingkat kelas 1 adalah matahari, air, udara, dan makanan.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  • Mengidentifikasi sumber energi yang ada di lingkungan sekitar.
  • Menjelaskan kegunaan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal Pilihan Ganda:

  1. Benda apa yang paling terang di langit pada siang hari dan memberikan kehangatan?
    a. Bulan
    b. Bintang
    c. Matahari
    d. Awan

    Pembahasan: Matahari adalah sumber cahaya dan panas utama di siang hari.

  2. Air yang mengalir di sungai dapat digunakan untuk…
    a. Membuat rumah
    b. Menghasilkan listrik
    c. Memasak nasi
    d. Menghangatkan badan

    Pembahasan: Aliran air di sungai, jika dimanfaatkan dengan baik, dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik melalui turbin.

  3. Angin adalah salah satu sumber energi. Kegunaan angin dalam kehidupan sehari-hari adalah…
    a. Mendinginkan ruangan
    b. Membuat tanaman tumbuh
    c. Menghasilkan air
    d. Memberikan sinar

    Pembahasan: Angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin atau sebagai penyejuk alami.

  4. Makanan yang kita makan setiap hari memberikan kita…
    a. Dingin
    b. Energi untuk bergerak
    c. Cahaya
    d. Panas

    Pembahasan: Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita untuk melakukan aktivitas.

  5. Mana di antara berikut ini yang bukan merupakan sumber energi?
    a. Kayu bakar
    b. Batu
    c. Gas alam
    d. Minyak bumi

    Pembahasan: Batu adalah benda mati yang tidak menghasilkan energi secara langsung dalam konteks sumber energi yang dipelajari di kelas 1. Kayu bakar, gas alam, dan minyak bumi adalah sumber energi yang umum dikenal.

Contoh Soal Isian Singkat:

  1. Matahari digunakan untuk mengeringkan pakaian yang basah. Ini menunjukkan bahwa matahari adalah sumber _________________________. (panas)

  2. Jika kita merasa lelah, kita perlu makan agar tubuh memiliki _________________________. (energi)

  3. Angin yang bertiup kencang dapat menggerakkan layar perahu. Angin adalah sumber _________________________. (energi)

  4. Air yang mengalir di bendungan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan _________________________. (listrik)

  5. Pada malam hari, sumber cahaya utama kita adalah _________________________. (lampu/listrik) (Meskipun lampu bukan sumber energi primer, ia menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari sumber lain, dan sebagai sumber cahaya utama di malam hari, ini relevan untuk siswa kelas 1).

See also  Menguasai Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013: Panduan Lengkap dengan Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal Uraian Singkat:

  1. Sebutkan dua kegunaan matahari bagi kehidupan kita sehari-hari!

    • Jawaban: Matahari memberikan cahaya agar kita bisa melihat, matahari memberikan kehangatan, matahari membantu mengeringkan pakaian, matahari membantu tanaman tumbuh. (Minimal dua jawaban yang benar).
  2. Mengapa kita perlu makan setiap hari? Jelaskan dengan singkat!

    • Jawaban: Kita perlu makan setiap hari agar tubuh kita mendapatkan energi untuk beraktivitas, belajar, bermain, dan tumbuh.
  3. Bagaimana cara memanfaatkan angin sebagai sumber energi? Berikan satu contoh!

    • Jawaban: Angin dapat digunakan untuk menggerakkan kincir angin, menggerakkan layar perahu, atau untuk menerbangkan layangan.
  4. Ceritakan satu hal yang bisa kamu lakukan menggunakan energi dari makananmu!

    • Jawaban: Contohnya, saya bisa berlari dan bermain dengan teman-teman karena sudah makan, saya bisa belajar di sekolah karena punya energi.
  5. Mengapa menjaga kebersihan sumber air penting? Jelaskan alasannya!

    • Jawaban: Karena air bersih adalah sumber energi yang penting untuk minum dan kebutuhan lainnya. Jika air kotor, kita bisa sakit dan sumber energi kita terganggu.

Bagian 2: Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagian ini memperkenalkan konsep perubahan energi. Siswa akan belajar bahwa energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain, meskipun jumlah total energinya tetap sama (konsep kekekalan energi secara sederhana). Contoh-contoh yang digunakan sangat konkret dan mudah diamati oleh anak usia 6-7 tahun.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  • Mengidentifikasi perubahan energi pada benda-benda di sekitar.
  • Menjelaskan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Soal Pilihan Ganda:

  1. Ketika kita menyalakan lampu, energi listrik berubah menjadi energi…
    a. Panas
    b. Cahaya
    c. Suara
    d. Gerak

    Pembahasan: Lampu menghasilkan cahaya, sehingga energi listrik berubah menjadi energi cahaya. Sebagian kecil energi listrik juga berubah menjadi energi panas.

  2. Baterai pada mainan robot menyimpan energi kimia. Saat robot bergerak, energi kimia berubah menjadi energi…
    a. Cahaya
    b. Suara
    c. Gerak
    d. Panas

    Pembahasan: Gerakan robot adalah hasil dari perubahan energi kimia yang tersimpan dalam baterai menjadi energi gerak.

  3. Menggosokkan kedua tangan sampai terasa panas adalah contoh perubahan energi…
    a. Cahaya menjadi gerak
    b. Gerak menjadi panas
    c. Panas menjadi cahaya
    d. Suara menjadi gerak

    Pembahasan: Gerakan tangan saat menggosok menghasilkan panas.

  4. Kompor gas membutuhkan gas sebagai sumber energi. Api pada kompor gas menghasilkan…
    a. Cahaya dan suara
    b. Panas dan cahaya
    c. Gerak dan suara
    d. Listrik dan panas

    Pembahasan: Kompor gas menghasilkan panas untuk memasak dan juga cahaya dari api.

  5. Mengapa suara dari radio bisa terdengar?
    a. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya.
    b. Energi listrik berubah menjadi energi gerak.
    c. Energi listrik berubah menjadi energi suara.
    d. Energi suara berubah menjadi energi listrik.

    Pembahasan: Radio bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi energi suara yang bisa kita dengar.

See also  Menguasai Kapitalisasi: Panduan Lengkap Mengubah Huruf Kapital Menjadi Biasa di Microsoft Word

Contoh Soal Isian Singkat:

  1. Kipas angin menggunakan energi listrik untuk menghasilkan energi _________________________. (gerak)

  2. Ketika kamu menendang bola, energi _________________________ dari kakimu berpindah ke bola sehingga bola bergerak. (gerak)

  3. Mesin mobil menggunakan energi dari bensin untuk menghasilkan energi _________________________. (gerak)

  4. Ketika kita memutar engkol pada mainan mekanik, energi _________________________ berubah menjadi energi gerak. (gerak)

  5. Bola lampu yang menyala menghasilkan energi _________________________. (cahaya)

Contoh Soal Uraian Singkat:

  1. Jelaskan bagaimana energi berubah saat kamu sedang bermain bola!

    • Jawaban: Energi dari makanan yang saya makan (energi kimia) diubah menjadi energi gerak di tubuh saya. Energi gerak dari kaki saya berpindah ke bola saat ditendang, sehingga bola bergerak.
  2. Apa yang terjadi pada energi saat kamu memetik gitar? Jelaskan perubahan energinya!

    • Jawaban: Energi gerak dari jari-jari saya saat memetik senar gitar diubah menjadi energi suara yang bisa kita dengar.
  3. Sebutkan dua contoh benda yang mengalami perubahan energi panas!

    • Jawaban: Setrika yang panas, oven yang memanaskan makanan, air yang mendidih di panci, kompor menyala.
  4. Bagaimana energi berubah saat kamu menyalakan radio?

    • Jawaban: Energi listrik dari stop kontak atau baterai diubah menjadi energi suara sehingga kita bisa mendengar musik atau berita.
  5. Ceritakan pengalamanmu menggunakan energi matahari. Bagaimana energi itu membantumu?

    • Jawaban: Contohnya, saat menjemur pakaian, energi panas matahari membuat pakaian kering. Atau saat siang hari, energi cahaya matahari membuat lingkungan terang sehingga saya bisa bermain di luar.

Bagian 3: Menghemat Energi dan Dampaknya

Bagian ini menekankan pentingnya menjaga dan menghemat energi. Siswa diajak untuk memahami bahwa energi tidak selalu tersedia dalam jumlah tak terbatas dan bahwa penggunaannya harus bijak untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  • Menjelaskan pentingnya menghemat energi.
  • Memberikan contoh cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan dampak positif menghemat energi bagi lingkungan.

Contoh Soal Pilihan Ganda:

  1. Mengapa kita perlu menghemat energi?
    a. Agar cepat kaya
    b. Agar energi tidak habis dan menjaga lingkungan
    c. Agar bisa membeli barang baru
    d. Agar tidak perlu bekerja

    Pembahasan: Menghemat energi penting agar sumber energi tidak cepat habis dan untuk melindungi lingkungan.

  2. Manakah cara yang baik untuk menghemat listrik?
    a. Membiarkan lampu menyala terus meskipun tidak dipakai
    b. Mencabut peralatan elektronik saat tidak digunakan
    c. Menyalakan televisi seharian
    d. Memakai kipas angin saat cuaca dingin

    Pembahasan: Mencabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dapat mengurangi konsumsi listrik.

  3. Menghemat air berarti kita ikut menjaga sumber energi, karena air dapat digunakan untuk…
    a. Membuat kue
    b. Menghasilkan listrik
    c. Membersihkan rumah
    d. Memasak nasi

    Pembahasan: Air, terutama air yang mengalir, dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

  4. Dampak positif dari menghemat energi bagi lingkungan adalah…
    a. Lingkungan menjadi kotor
    b. Lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat
    c. Sumber daya alam semakin sedikit
    d. Terjadi banyak polusi

    Pembahasan: Menghemat energi mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang dapat menyebabkan polusi, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih.

  5. Jika kita sering membuang-buang energi, maka…
    a. Energi akan semakin banyak
    b. Sumber energi akan cepat habis
    c. Lingkungan akan semakin sehat
    d. Kita akan memiliki banyak energi

    Pembahasan: Pemborosan energi akan menyebabkan sumber daya energi yang terbatas menjadi cepat habis.

See also  Soal sbdp kelas 3 semester 1

Contoh Soal Isian Singkat:

  1. Matikan lampu saat tidur agar kita menghemat _________________________. (listrik)

  2. Membuka jendela di pagi hari agar udara segar masuk dapat mengurangi penggunaan _________________________. (kipas angin/AC)

  3. Menggunakan air secukupnya saat mandi adalah cara menghemat _________________________. (air)

  4. Jika kita menghemat energi, maka kita telah membantu menjaga kelestarian _________________________. (alam/lingkungan)

  5. Energi yang kita gunakan berasal dari sumber daya alam. Jika kita menghematnya, maka sumber daya alam akan _________________________. (terjaga/tidak cepat habis)

Contoh Soal Uraian Singkat:

  1. Mengapa mematikan televisi saat tidak ditonton dianggap sebagai tindakan menghemat energi?

    • Jawaban: Karena televisi menggunakan energi listrik. Mematikan televisi saat tidak ditonton berarti mengurangi penggunaan energi listrik, sehingga energi listrik tidak terbuang percuma.
  2. Berikan dua contoh kegiatan di rumah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air!

    • Jawaban: Menutup keran air saat menyikat gigi, menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman, mandi secukupnya.
  3. Apa manfaatnya bagi lingkungan jika kita menggunakan energi matahari untuk menjemur pakaian daripada menggunakan mesin pengering?

    • Jawaban: Menggunakan energi matahari tidak menghasilkan polusi udara seperti mesin pengering yang menggunakan listrik atau gas. Lingkungan menjadi lebih bersih.
  4. Jelaskan mengapa kamu harus mematikan keran air setelah selesai menggunakannya!

    • Jawaban: Agar air tidak terbuang sia-sia. Air adalah sumber daya alam yang penting dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk menghasilkan listrik. Menghemat air juga berarti menjaga ketersediaan air bersih.
  5. Bagaimana cara kamu mengajak teman-temanmu untuk ikut menghemat energi di sekolah?

    • Jawaban: Saya bisa mengingatkan mereka untuk mematikan lampu saat keluar kelas, mematikan keran air setelah digunakan, dan tidak membuang-buang kertas yang membutuhkan energi untuk diproduksi.

>

Penutup

Tema "Energi dan Perubahannya" merupakan fondasi penting dalam membangun pemahaman sains siswa sejak dini. Melalui contoh-contoh soal yang disajikan, diharapkan siswa kelas 1 dapat lebih aktif dalam mengamati, bertanya, dan berdiskusi tentang energi di sekitar mereka. Keterampilan mengidentifikasi sumber energi, mengenali perubahan energi, dan mempraktikkan hemat energi akan membentuk generasi yang sadar lingkungan dan bertanggung jawab di masa depan. Guru dapat menggunakan contoh-contoh soal ini sebagai acuan dalam membuat evaluasi yang lebih bervariasi, baik dalam bentuk tes tertulis maupun penilaian unjuk kerja melalui pengamatan aktivitas siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *